Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA N 11 Padang
Main Author: | Resi, Gusmawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2060/4/13080068%20RESI%20GUSMAWATI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2060/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2060/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2060/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2060/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Pertama, siswa kesulitan dalam menentukan struktur teks anekdot dengan tepat. Kedua, siswa kesulitan dalam menentukan ciri kebahasaan didalam teks anekdot . Ketiga, siswa kesulitan dalam mengemukakan ide-ide yang akan ditulis didalam teks anekdot. Keempat,guru hanya memakai model inquiri dan model mind mapping. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks anekdot tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran artikulasi terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA N 11 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah rancangan eksperimen semu (quasi experimental design). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA N 11 Padang yang berjumlah 137 orang. Sampel penelitian ini adalah X MIA 1 sebagai kelas kontrol dan X MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil kemampuan menulis teks anekdot tanpa menggunakan model pembelajaran artikulasi dan skor hasil kemampuan menulis teks anekdot dengan menggunakan model pembelajaran artikulasi siswa kelas X SMA N 11 Padang. Berdasarkan hasil analisis data terhadap kemampuan menulis teks anekdot tanpa menggunakan model pembelajaran siswa kelas X SMA N 11 Padang dan dengan menggunakan model pembelajaran artikulasi siswa kelas X SMA N 11 Padang dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, tingkat kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA N 11 Padang tanpa menggunakan model pembelajaran artikulasi memperoleh nilai rata-rata 69,68 berada pada tingkat penguasaan 66-75% dengan kualifikasi Lebih Dari Cukup(LDC).Kedua, tingkat kemampuan menulis teks anekdot dengan menggunakan model pembelajaran artikulasi siswa kelas X SMA Negeri 11 Padang memperoleh nilai rata-rata 80,95 berada pada tingkat penguasaan 76-85% dengan kualifikasi Lebih dari baik. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap penggunaan model pembelajaran artikulasi siswa kelas X SMA N 11 Padang. karena thitung> tabel (6,2>1,70). Jadi, disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks anekdot siswa SMA N 11 Padang dengan menggunakan model pembelajaran artikulasi lebih baik daripada tanpa menggunakan model pembelajaran artikulasi.