Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Matematis Siswa Kelas VII SMPN 25 Padang
Main Author: | Sepli, Narto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/206/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/206/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/206/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/206/4/12050140%20SEPLI%20NARTO.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/206/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah dan kurangnya amotivasi dan minat siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 25 Padang Tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, dengan kelas VII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yaitu tes akhir berbentuk esai yang reliabel dengan = 0,82. Teknik analisis data tes akhir menggunakan uji t satu pihak. Berdasarkan analisis data tes akhir diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh = 1,6431 lebih dari = 0,6298. Jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima yaitu hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada kelas VII SMPN 25 Padang.