Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII MTsN Lembah Gumanti. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya keterampilan menulis teks eksplanasi siswa adalah siswa kurang mampu mengembangkan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan teks eksplanasi. Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII MTsN Lembah Gumanti sebelum menggunakan teknik kerangka tulisan. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII MTsN Lembah Gumanti setelah menggunakan teknik kerangka tulisan.Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik kerangka tulisan terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII MTsN Lembah Gumanti. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Design penelitian ini adalah one group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Lembah Gumanti yang berjumlah 273 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, sampel berjumlah 34 orang. Data penelitian ini adalah skor hasil keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII MTsN Lembah Gumanti sebelum dan setelah menggunakan teknik kerangka tulisan. Hasil penelitian ini adalah (a) keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII MTsN Lembah Gumanti sebelum menggunakan teknik kerangka tulisanmemperoleh nilai rata-rata 58,82 berada pada rentangan 56-65% berkualifikasi cukup, (b) keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII MTsN Lembah Gumanti setelah menggunakan teknik kerangka tulisan memperoleh nilai rata-rata 71,32 berada pada rentangan 66-75% berkualifikasi lebih dari cukup, (c) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknik kerangka tulisan terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII MTsN Lembah Gumanti karena > (7,83>1,70). Jadi dapat disimpulkan bahwa teknik kerangka tulisan baik digunakan dalam menulis teks eksplanasi.