“Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas X SMAN 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya”

Main Author: Angges Tiara, Madona
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2051/4/13080060%20ANGGES%20TIARA%20MADONA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2051/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2051/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2051/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2051/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan sebagai berikut. Pertama, siswa kurang mengetahui perbedaan antara teks prosedur dengan teks prosedur kompleks. Kedua, tema yang diberikan kepada siswa untuk menulis teks prosedur kompleks kurang dipertimbangkan dengan baik oleh guru. Ketiga, siswa kurang mampu membuat struktur langkah-langkah pada teks prosedur kompleks. Keempat, sekolah kurang menyediakan buku-buku yang berkaitan dengan pembelajaran teks prosedur kompleks secara khusus, seperti buku prosedur pembuatan sesuatu atau tips melakukan sesuatu. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMAN I Sitiung sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sesta pengaruhnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan yang digunakan adalah one group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian berjumlah 284 siswa, sampel yang diambil sebanyak 30 orang siswa. Teknik penarikan sampel yaitu menggunakan teknik porposive sampling yaitu penarikan sampel yang didasarkan dengan pertimbangan tertentu. Penelitian ini memiliki dua variabel, yaitu variable independen (x) dan variable dependen (y). Variabel independen “penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD”. Variabel dependen adalah “kemampuan menulis teks prosedur kompleks”. Data dalam penelitian ini adalah skor tes kemampuan menulis teks prosedur kompleks sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hasil penelitian yaitu sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMAN 1 Sitiung sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ialah 56,99 yang berada pada kualifikasi cukup pada rentang 56-65%. Kedua, kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMAN 1 Sitiung sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebesar 88,29 berada pada kualifikasi baik sekali pada rentangan 86-95%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan teknik STAD dalam kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMAN 1 Sitiung. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa nilai thitung (3,43) > ttabel (1,70), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.