Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru dalam penggunaan media pembelajaran sejarah di SMAN 1Basa Ampek Balai Tapan kabupaten Pesisir Selatan, dimana guru tidak selalu menggunakan media dalam proses pembelajaran di waktu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kendala guru dalam penggunaan media pembelajaran sejarah di SMAN 1 Basa Ampek Balai Tapan. Media apasaja yang dibutuhkan guru untuk mengajar tapi tidak disediakan oleh pihak sekolah. Berdasarkan masalah tersebut maka jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif, informan dalam penelitian ini meliputi, beberapa orang siswa/siswi, 2 orang guru sejarah dan wakil kepala sekolah. Untuk menguji keabsahan data penulis triangulasi data. Kemudian teknik analisa data penelitian ini menggunakan teknik analisa data yang dikemukakan oleh Miles Huberman dalam buku Haris Herdiansyah. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media dalam pembelajaran sejarah tidak sesuai dengan RPP yang di cantumkan oleh guru. adapun kendala guru dalam penggunaan media pembelajaran sejarah di SMAN 1 Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebagai berikut: 1. Minimnya media disekolah 2. Keterbatasan guru dalam menggunakan media 3.tidak tersedianya waktu guru untuk membuat media. Dapat disimpulkan bahwa kendala guru dalam penggunaan media pembelajaran adalah guru menemukan kendala yaitu kesibukan jam mengajar guru diberbagai tempat sehingga tidak mempunyai waktu untuk membuat media, kendala guru dalam penggunaan media adalah kurang tersedianya media yang dibutuhkan guru dalam proses pembelajaran, sehingga sebagian guru dalam penggunaan media tidak sesuai dengan RPP yang dibuat.