Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah Guru yang tidak selalu menggunakan strategi aktif dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Painan. Penelitian ini, atas dasar masalah tersebut penelitian ini difokuskan pada strategi guru dalam mengembangkan aktifitas siswa pada pembelajaran IPS Terpadu, karena dilihat berdasarkan strategi guru terhadap aktifitas siswa. Berdasarkan masalah tersebut, maka jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, untuk menguji keabsahan data penulis menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik dan alat pengumpulan data yang dikemukakan oleh Maleong, yang terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan teknik pemeriksaan keabsahan data yang didapat, dengan cara mengumpulkan data berdasarkan observasi yang penulis lakukan langsung di SMP Negeri 1 Painan, dan mewawancarai guru sejarah sebanyak 1 orang, mewawancarai wakil kurikulum, mewawancarai siswa/i sebanyak 2 orang, serta melakukan dokumentasi terhadap data tersebut. Penulis melihat guru IPS dalam mengajar menggunakan berbagai strategi dalam mengembangkan aktifitas siswa seperti Aktifitas membaca, aktifitas ini terlihat pada saat strategi guru dalam mengembangkan aktifitas membaca, memperhatikan, dan percobaan. Aktifitas diskusi, aktifitas ini terlihat pada saat guru dalam mengembangkan aktifitas menyatakan pendapat, merumuskan masalah, bertanya, memberi saran, dan mengeluarkan pendapat. Aktifitas mendengar, aktifitas ini terlihat pada saat guru dalam mengembangkan aktifitas mendengarkan percakapan dan diskusi. Aktifitas menulis, terlihat pada saat guru dalam mengembangkan aktifitas menulis cerita, karangan laporan, dan menyalin materi. Aktifitas percobaan, terlihat saat guru dalm mengembangkan aktifitas melakukan percobaan, membuat konstruksi, dan bermain. Aktifitas pemikiran, terlihat pada saat guru mengembangkan aktifitas siswa dalam menanggapi pendapat, mengingat pembelajaran sebelumnya, memecahkan soal, dan menganalisis data. Aktifitas Emotional, terlihat pada saat guru mengembangkan aktifitas siswa dalam menaruh minat, membuat siswa supay tidak merasa bosan, membuat siswa gembira, bersemangat, bergairah, berani, dan tenang pada saat proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: dengan 7 strategi guru dalam mengajar, dinyatakan dapat mengembangkan aktifitas siswa dalam belajar, sebab mereka sangat tertarik dan senang dengan strategi-strategi yang digunakan guru dalam belajar di kelas VII SMP Negeri 1 Painan