Pengembangan Media Film Dokumenter Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Sejarah Kelas XI MIPA 4 di SMA N 3 Padang. Program Studi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Sumatera Barat

Main Author: Cici Febri, Purwasih
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2010/4/13020002%20CICI%20FEBRI%20PURWASIH%20%20%20%20OKE.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2010/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2010/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2010/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2010/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah Guru yang tidak selalu menggunakan media dalam pembelajaran sejarah di SMA N 3 Padang. Penelitian ini difokuskan pada pengembangan media film dokumenter dalam meningkatkan proses pembelajaran sejarah kelas XI MIPA 4 di SMA N 3 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses belajar siswa/i dikelas XI MIPA 4, karena dilihat berdasarkan hasil ujian mid semua kelas XI, kelas XI MIPA 4 lah yang terendah. Berdasarkan masalah tersebut, maka jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, untuk menguji keabsahan data penulis menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik dan alat pengumpulan data yang dikemukakan oleh Maleong, yang terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan teknik pemeriksaan keabsahan data yang didapat, dengan cara mengumpulkan data berdasarkan observasi yang penulis lakukan langsung di SMA 3 Padang, dan mewawancarai guru sejarah sebanyak 2 orang, mewawancarai wakil kurikulum, mewawancarai siswa/i sebanyak 15 orang, serta melakukan dokumentasi terhadap data tersebut. Penelitian ini mengembangkan film dokumenter yang sesuai dengan tema dari pembelajaran sejarah, temanya brkatan dengan mata pelajaran Sejarah yaitu, Pembentukan permufakatan perhimpunan-perhimpunan politik kebangsaan Indonesia (PPPKI), Gerakan pemuda, Dampak penjajahan barat dalam kehidupan bangsa Indonesia. penulis kembangkan berdasarkan materi yang ada di rencana proses pembelalajaran (RPP) melalui aplikasi ulide vidio 11, dan menambahkan animasi gambar serta suara peneliti yang sesuai dengan materi bahan ajar. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa pengembangan media film dokumenter dalam meningkatkan proses pembelajaran sejarah kelas XI MIPA 4 di SMA N 3 Padang dapat meningkatkan proses belajar siswa, karena siswa sangat antusias terhadap pengembangan media film dokumenter, Hal ini terbukti dengan hasil belajar siswa, bahwa menggunakan media film dokumenter dapat meningkatkan proses belajar siswa dilihat dari hasil belajar yang hampir rata-rata diatas kriteria ketuntasan minimal (KKM). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: dengan pengembangan media film dokumenter dalam meningkatkan proses pembelajaran sejarah kelas XI MIPA 4 di SMA N 3 padang, dinyatakan dapat meningkatkan proses belajar siswa kelas XI MIPA 4, sebab siswa sangat antusias dan semangat saat belajar sejarah dengan menggunakan media pengembangan film dokumenter.