Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya permasalahan dalam proses pembelajaran. Guru yang kurang profesional ditambah dengan kenakalan siswa yang semakin parah serta masalah-masalah lain yang terjadi disekolah. Beberapa SMA mengalami hal ini, oleh karena itu guru mata pelajaran sejarah di Pasaman Barat menyelenggarakan sebuah organisasi yang disebut dengan MGMP Sejarah Pasaman Barat. MGMP sebagai wadah kegiatan profesional bagi guru mata pelajaran Sejarah di Pasaman Barat, sangat diperlukan untuk meningkatkan profesionalisme guru mata pelajaran Sejarah di Pasaman Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap, mengetahui, dan menjelaskan mengenai: (1) peranan MGMP dalam meningkatkan profesionalisme guru mata pelajaran sejarah di Pasaman Barat, (2) pelaksanaan kegiatan MGMP Sejarah pada guru mata pelajaran Sejarah di Pasaman Barat, (3) kendala serta solusi pelaksanaan kegiatan MGMP Pasaman Barat pada guru mata pelajaran Sejarah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan studi Evaluatif.. Informan penelitian ini adalah 1 guru pengurus MGMP dan 4 guru anggota MGMP. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif, yaitu mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, persepsi guru Sejarah terhadap kegiatan MGMP Sejarah di Pasaman Barat sangat positif serta memiliki peranan yang begitu besar dalam meningkatkan profesionalisme guru mata pelajaran Sejarah di Pasaman Barat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa MGMP dapat mendorong kreatifitas dan meningkatkan mutu pembelajaran di Pasaman Barat, Makin berkembangnya MGMP diharapkan dapat mendorong kinerja guru kearah yang lebih bervariasi dan memanfaatkan lingkungan, serta MGMP dapat mendorong berkembangnya iklim pendidikan yang demokratis, guna mendorong berkembangnya profesionalisme guru.