Pengaruh Penggunaan Teknik Kalimat Mengalir terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Mei i, Devi Yanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2002/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2002/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2002/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2002/4/12080153%20MEI%20DEVI%20YANTI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2002/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal berikut ini. Kurangnya minat yang dimiliki siswa dalam kegiatan menulis paragraf argumentasi, kurangnya pemahaman siswa merangkai kalimat ketika menulis paragraf argumentasi, kurangnya penguasaan kosakata yang dimiliki siswa, pemahaman tentang EBI yang dimiliki siswa belum sempurna, dan penggunaan teknik dan pembelajaran masih monoton, sehingga minat siswa sulit untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan Teknik Kalimat Mengalir terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 221 orang. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X.2 yang berjumlah 31 orang. Variabel penelitian ini adalah Teknik Kalimat Mengalir sebagai variabel bebas dan kemampuan menulis paragraf argumentasi sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah hasil tes unjuk kerja menulis paragraf argumentasi siswa sebelum dan sesudah penggunaan Teknik Kalimat Mengalir. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut ini. Pertama, kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan sebelum menggunakan Teknik Kalimat Mengalir (pretest) dengan nilai rata-rata 57,80 pada kualifikasi Cukup (Cukup) dengan persentase 56-65%. Kedua, kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan sesudah menggunakan Teknik Kalimat Mengalir (posttest) dengan nilai rata-rata 71,78 pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan persentase 66-75%. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Teknik Kalimat Mengalir terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan dengan thitung (9,396) > ttabel (1,70). Dengan kata lain, H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, Teknik Kalimat Mengalir berpengaruh digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi