), Pengaruh Penggunaan Model Examples Non Examples Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Main Author: Ermiga, Nopita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1998/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1998/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1998/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1998/4/12080146%20ERMIGA%20NOPITA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1998/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis paragraf deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk, pertama mendeskripsikan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa sebelum menggunakan model examples non examples. Kedua, mendeskripsikan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa sesudah menggunakan model examples non examples. Ketiga, mendeskripsikan terdapat atau tiddak pengaruh penggunaan model examples non examples terhadap kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-experimental design yang dipilih adalah one-group pretest-postest design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling atau sampel bertujuan. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman sebanyak 242 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 27 orang yang terdapat dalam 1 kelas X.1. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Data dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja siswa sebelum dan sesudah menggunakan model examples non examples. Hipotesis penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa. Pertama, kemampuan menulis paragraf deskripsi sebelum menggunakan model examples non exmples (pretest) siswa berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 61,51. Kedua, kemampuan menulis paragraf deskripsi sesudah menggunakan model examples non examples berada pada Baik (B) dengan nilai rata-rata 76,54. Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model examples non examples terhadap kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Berdasarkan uji-t disimpulkan bahwa penggunaan model examples non examples berpengaruh terhadap kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa dengan thitung>ttabel (12,33 > 0,171). Dengan kata lain H1 diterima dan Ho ditolak.