Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam belajar, siswa kurang berani mengeluarkan pendapat, siswa cenderung diam dalam proses pembelajaran, dan hasil belajar siswa masih berada di bawah kriteria ketuntasan minimal pada materi jaringan tumbuhan, hal ini dapat dilihat dari rendahnya hasil belajar pada ulangan harian biologi siswa kelas XI SMAN 4 Pariaman. Untuk mengatasi permasalahan tersebut sehingga diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe think phare share (TPS) dengan menggunakan media LDS bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada ranah afektif, kognitif, dan psikomotor dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think phare share (TPS) dengan media LDS bergambar pada materi jaringan tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control posted only design. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas XI yang terdaftar pada tahun 2017/2018, sampel yang terpilih adalah kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dan purposive sampling, pengolaan data menggunakan uji T. Berdasarkan hasil penelitian didapat rata-rata hasil belajar siswa pada ranah afektif kelas eksperimen 82,81 dan kelas kontrol 79,89 dengan thitung 1,09 dan ttabel 1,67 berarti thitung < ttabel, maka hipotesis ditolak. Pada ranah kognitif kelas eksperimen 54,67 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol 51,14 dengan thitung 0,43 dan ttabel 1,67 berarti thitung < ttabel, maka hipotesis ditolak. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada ranah psikomotor kelas eksperimen 77,08 dan kelas kontrol 79,02 dengan thitung -0,84 dan ttabel 1,67 berarti thitung < ttabel, maka hipotesis ditolak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Phare Share (TPS) dengan menggunakan media LDS bergambar tidak dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada ranah afektif, ranah kognitif dan ranah psikomotor.