Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menulis teks eksposisi siswa masih rendah, karena kurang pemahaman siswa terhadap pembelajaran teks eksposisi dan sulit menyampaikan gagasan, kurang kritis terhadap bacaan serta kurangnya minat siswa dalam menulis teks eksposisi. Teknik yang digunakan guru belum bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah : (1) mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII MTsN Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan tanpa menggunakan teknik Think Talk Write (TTW) ditinjau dari keterampilan siswa dalam menentukan judul, tesis, argumen, dan pendapat.(2) mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII MTsN Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan teknik Think Talk Write (TTW) ditinjau dari keterampilan siswa dalam menentukan judul,tesis,argumen,dan pendapat.(3 )mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik Think Talk Write (TTW) terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII MTsN Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen.Design penelitian ini adalah Quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.F dan VII.G MTsN Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 60 orang. Variabel pada penelitian ini adalah teknik Think Talk Write sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis teks eksposisi sebagai variabel terikat. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII MTsN Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan tanpa dan dengan menggunakan teknik Think Talk Write. Data dianalisis untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik Think Talk Write (TTW). Berdasarkan hasil penelitian ini sebagai berikut: Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII MTsN Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan tanpa menggunakan teknik pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C) dengan rata-rata (58,61). Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII MTsN Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan teknik pembelajaran berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LDC) dengan rata-rata (73,33).Ketiga,terdapat pengaruh yang signifikasi terhadap teknik pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas VII MTsN Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan dengan thitung (4,557) > ttabel (1,79). Dengan kata lain, H1 diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, teknik pembelajaran Think Talk Write (TTW) cocok digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi.