Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajar Aktif Tipe Peer Lesson Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS SMAN 5 Mukomuko

Main Author: Gifto, Devino
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1972/4/11050316%20GIFTO%20DEVINO%20%281%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1972/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1972/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1972/2/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1972/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Peer Lesson lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPS SMAN 5 Mukomuko. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian Random terhadap Subjek. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMAN 5 Mukomuko, yang terdiri dari empat kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas XI IPS3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar. Bentuk tes yang digunakan adalah tes esai dengan reliabilitasnya 0,48. Berdasarkan tes akhir diketahui rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 83,27 sedangkan kelas kontrol adalah 73,60. Analisis data digunakan uji-t satu pihak, diperoleh = 2.32 dan = 1,49 karena , maka hipotesis yang diajukan diterima pada tingkat kepercayaan 95%. Jadi dapat disimpulkan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Peer Lesson lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPS SMAN 5 Mukomuko.