Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Slogan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Lembang Jaya Kabupaten Solok
Main Author: | Ade, Ramadhani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1969/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1969/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1969/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1969/4/12080046%20ADE%20RAMADHANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1969/ |
Daftar Isi:
- Hal yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu rendahnya keterampilan menulis slogan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lembang Jaya Kabupaten Solok. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya keterampilan menulis slogan siswa adalah siswa kekurangan kosakata dalam mengungkapkan ide dalam bentuk tulisan. Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, untuk mendeskripsikan penguasaan kosakata siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lembang Jaya Kabupaten Solok. Kedua, untuk mendeskripsikan keterampilan menulis slogan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lembang Jaya Kabupaten Solok. Ketiga, untuk mendeskripsikan hubungan penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis slogan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lembang Jaya Kabupaten Solok Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lembang Jaya Kabupaten Solok yang berjumlah 146 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling, sampel berjumlah 30 orang. Variabel penelitian ini adalah, penguasaan kosakata siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lembang Jaya Kabupaten Solok dan keterampilan menulis slogan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lembang Jaya Kabupaten Solok. Data dalam penelitian ini adalah skor penguasaan kosakata dan skor keterampilan menulis slogan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lembang Jaya Kabupaten Solok. Data penelitian diperoleh dengan dua jenis tes, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data penguasaan kosakata sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis slogan. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat tiga simpulan yang diperoleh. Pertama, penguasaan kosakata siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lembang Jaya Kabupaten Solok berada pada kualifikasi baik sekali (BS) dengan nilai rata-rata 88,75 dan berada pada rentangan 86-95%. Kedua, keterampilan menulis slogan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lembang Jaya Kabupaten Solok berada pada kualifikasi baik sekali dengan nilai rata-rata 86,94 dan berada pada rentangan 86-95%. Ketiga, berdasarkan uji-t, H1 diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n-2 karena thitung>ttabel yaitu 4,662>1,70. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa penguasaan kosakata memiliki hubungan yang signifikan dengan keterampilan menulis slogan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lembang Jaya Kabupaten Solok.