), Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman
Main Author: | Ria, Gusnita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1968/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1968/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1968/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1968/4/12080044%20RIA%20GUSNITA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1968/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh empat permasalahan yaitu sebagai berikut. Pertama, siswa kurang memahami cara menulis naskah drama karena guru hanya menjelaskan dengan cara bercerita. Kedua, ketika disuruh menulis naskah drama, siswa kesulitan menuangkan ide mereka dalam menentukan /menuliskan latar, alur, tokoh, tema, dan dialog yang harus mereka tulis. Ketiga, pada pembelajaran menulis naskah drama guru hanya menggunakan buku cetak. Keempat. Sarana prasarana yang kurang memadai di sekolah seperti kekurangan infokus sehingga sulit dalam proses belajar di kelas. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama mendeskripsikan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Anai tanpa menggunakan media gambar berseri. Kedua mendeskripsikan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Anai dengan menggunakan media gambar berseri. Ketiga mendeskripsikan Pengaruh yang signifikan penggunaan gambar berseri terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP N 2 Batang Anai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen sungguhan. Teknik pengambilan penelitian ini dengan dengan teknik simple random sampling, pengambilan sampel dilakukan dengan cara mencari standar deviasi. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas, kelas kontrol, dan kelas eksperimen. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu sebagai berikut, variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Data penelitian ini adalah skor kemampuan menulis naskah drama tanpa menggunakan media gambar berseri dan dengan menggunakan media gambar berseri. Teknik analisis data dengan cara melakukan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman sebagai berikut. Pertama, kemamapuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman Tanpa Menggunakan Media Gambar Berseri memperoleh nilai rata-rata sebesar 60,95 pada rentangan 56-65% berkualifikasi cukup. Kedua, kemamapuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri memperoleh nilai rata-rata sebesar 75,68 pada rentangan 66-75% berkualifikasi lebih dari cukup. Ketiga, Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media gambar berseri terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP N 2 Batang Anain Kabupaten Padang Pariaman, kareana t = 179,634 > t = 1,67. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar berseri baik digunakan dalam menulis naskah drama.