Pengaruh Penggunaan Teknik Permainan Kata Terhadap Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMP N 24 Sijunjung
Main Author: | Hasmiati, Hasmiati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1967/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1967/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1967/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1967/4/12080040%20HASMIATI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1967/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Kurangnya pengetahuan siswa dalam menulis pantun. Siswa beranggapan bahwa belajar menulis pantun merupakan pembelajaran yang membosankan. Siswa kurang berminat dalam menulis pantun karena kurang bervariasinya penggunaan metode dalam mengajar. Siswa kurang mampu dalam merangkai kata demi kata dalam menulis pantun. Siswa kurang kreatif dalam mengembangkan ide-ide saat menulis pantun. Siswa menulis pantun tanpa memperhatikan syarat-syarat yang harus ada dalam pantun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis pantun tanpa dan dengan menggunakan teknik permainan kata dan pengaruh penggunaan teknik permainan kata terhadap keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP N 24 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah post-test only control group design. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 24 Sijunjung yang berjumlah 56 orang. Variabel dalam penelitian ini terdiri atas dua variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel X adalah teknik permainan kata, sedangkan variabel Y keterampilan menulis pantun. Data dalam penelitian ini skor hasil keterampilan menulis pantun tanpa dan dengan menggunakan teknik permainan kata siswa kelas VII SMP N 24 Sijunjung. Berdasarkan hasil analisis data terhadap keterampilan menulis pantun tanpa dan dengan menggunakan teknik permainan kata dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, tingkat keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP N 24 Sijunjung tanpa menggunakan teknik permainan kata memperoleh nilai rat-rata 70,23 dengan klasifikasi 66-75% dengan kualifikasi lebih dari cukup (LDC). Kedua, tingkat keterampilan menulis pantun dengan menggunakan teknik permainan kata siswa kelas VII SMP N 24 Sijunjung memperoleh nilai rata-rata 78,33 dengan klasifikasi 76-85% dengan kualifikasi baik. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap penggunaan teknik permainan kata siswa kelas VII SMP N 24 Sijunjung karena thitung >tabel (2,26>1,67). Jadi dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP N 24 Sijunjung dengan menggunakan teknik permainan kata lebih baik daripada tanpa menggunakan teknik permainan kata