Penerapan Model Pembelajaran Learning cycle 5-E Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 14 Padang Tahun Ajaran 2017/2018
Main Author: | Nurmy, Syafriana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/196/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/196/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/196/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/196/4/13010097%20NURMY%20SYAFRIANI%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/196/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya interaksi antar siswa, siswa hanya mendengarkan penjelasan guru sehingga siswa menjadi pasif pada saat pembelajaran. Pembelajaran hanya berpusat pada guru, hal ini terlihat saat guru bertanya siswa hanya diam dan tidak berusaha mencari jawaban. Siswa tidak mampu menjelaskan konsep yang ditemukannya, setelah melakukan diskusi dengan kelompok, terlihat ketika sesi tanya jawab antara siswa dengan guru, serta ada beberapa siswa yang kurang aktif selama proses pembelajaran dimana siswa tersebut hanya diam walaupun guru meminta siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 14 Padang dengan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5-E disertai media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen, dengan rancangan penelitian Randomized Control Group-Postest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 14 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling didapatkan kelas XI MIPA1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA3 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan untuk kognitif adalah tes tertulis (soal objektif sebanyak 52 butir soal), sedangkan pada ranah afektif berupa lembaran observasi sikap (bekerjasama, bertanggung jawab dan berkomunikasi dalam proses diskusi) dan psikomotor digunakan penilaian produk (kelengkapan isi laporan praktikum dan kebersihan penulisan laporan praktikum). Teknik analisis data kognitif menggunakan uji-t dengan taraf korelasi kepercayaan 95% (α=0,05). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh hasil test belajar biologi siswa yaitu nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 67,23 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 57,23. Hasil analisis pada uji normalitas kelas eksperimen diperoleh Lo (0,009) < Ltabel (0,1498) dan kelas kontrol diperoleh Lo (0,064) < Ltabel (0,1498), sedangkan pada hasil analisis uji homogenitas diperoleh Fhitung (0,65) < Ftabel (1,84). Hasil analisis data tersebut diketahui bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil analisis uji hipotesis diperoleh thitung (5,71) > ttabel (1,67) yang berarti hipotesis pada penelitian ini diterima. Pada ranah afektif diperoleh nilai sikap siswa pada kelas eksperimen yaitu A (88,67) dan kelas kontrol yaitu B (83,28). Sedangkan ranah psikomotor diperoleh nilai keterampilan pada kelas eksperimen yaitu A (88,25) dan kelas kontrol yaitu B (83,42). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning cycle 5-E disertai media gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 14 Padang.