Pengaruh Penggunaan Teknik Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Joni, Satria
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1958/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1958/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1958/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1958/4/12080022%20JONI%20SATRIA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1958/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal berikut ini. Pertama, siswa belum memahami tentang menulis naskah drama, hal ini juga ditandai dengan kurangnnya minat siswa dalam menulis naskah drama. Kedua, siswa kesulitan dalam mengembangkan ide atau gagasan dalam menulis naskah drama. Ketiga, kurangnya pemahaman siswa tentang kosakata, sehingga siswa kesulitan dalam mengembangkan idenya. Keempat, kurangnya pemahaman siswa tentang plot, penokohan, dialog, latar, dan tema, sehingga siswa kesulitan dalam menulis naskah drama. Penelitian ini bertujuan Petama, mendeskripsikan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan tanpa menggunakan teknik Think Talk Write (TTW). Kedua, mendeskripsikan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan teknik Think Talk Write (TTW). Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen, dengan rancangan penelitian The Randomized Posttest Only Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarusan yang terdaftar pada 2016/2017 yang berjumlah 151 orang. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 (kelas kontrol) yang berjumlah 27 orang dan siswa kelas VIII.5 (kelas eksperimen) yang berjumlah 25 orang.Variabel penelitian ini adalah penggunaan teknik Think Talk Write (TTW) sebagai variabel bebas dan kemampuan menulis naskah drama sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah skor menulis naskah drama siswa tanpa menggunakan teknik Think Talk Write (TTW) dan dengan menggunakan teknik Think Talk Write (TTW). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut ini. Pertama, kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 1 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan tanpa menggunakan teknik Think Talk Write (TTW) dengan nilai rata-rata 65,22 pada kualifikasi Cukup (C). Kedua, kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 1 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan teknik Think Talk Write (TTW) dengan nilai rata-rata 73,11 pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknik Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan dengan thitung 2,18 > ttabel 1,67. Dengan kata lain, H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian,terdapat Pengaruh Penggunaan Teknik Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan hal itu dapat dilihat dari nilai siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas Kontrol.