Keterampilan Membaca Teks Drama dengan Menggunakan Teknik Membaca Intensif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 30 Padang
Main Author: | Mia, Julita Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1952/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1952/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1952/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1952/4/11080230%20MIA%20JULITA%20SARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1952/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama sehingga diperlukan teknik yang tepat untuk meningkatkan keterampilan membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil keterampilan membaca teks drama oleh siswa dengan menggunakan teknik membaca intensif di kelas VIII SMP Negeri 30 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Soal tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda. Penarikan sampel penelitian dilakukan secara acak (proposional random sampling) berdasarkan jumlah proporsi per kelas. Dalam penelitian ini diambil 20% siswa dari tiap kelas yang masing-masing berjumlah 32 orang. Jumlah kelas VIII di SMP Negeri 30 adalah 9 kelas sehingga jumlah seluruh sampel adalah 54 orang. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca teks drama dengan menggunakan teknik membaca intensif kelas VIII SMP Negeri 30 Padang untuk indikator tema tergolong baik dengan nilai rata-rata 84,26. Kedua, keterampilan siswa membaca teks drama menggunakan teknik membaca intensif kelas VIII SMP Negeri 30 Padang untuk indikator alur tergolong baik sekali dengan nilai rata-rata 86,67. Ketiga, keterampilan siswa membaca teks drama menggunakan teknik membaca intensif kelas VIII SMP Negeri 30 Padang untuk indikator tokoh tergolong baik sekali dengan nilai rata-rata 88,33. Keempat, keterampilan siswa membaca teks drama menggunakan teknik membaca intensif kelas VIII SMP Negeri 30 Padang untuk indikator latar tergolong baik dengan nilai rata-rata 79,63. Kelima, keterampilan siswa membaca teks drama menggunakan teknik membaca intensif kelas VIII SMP Negeri 30 Padang untuk indikator dialog tergolong baik dengan nilai rata-rata 79,63. Keenam, secara umum keterampilan siswa membaca teks drama menggunakan teknik membaca intensif kelas VIII SMP Negeri 30 Padang dengan nilai rata-rata 84,89 tergolong baik