Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut. Pertama, siswa merasa bosan melakukan kegiatan menulis. Kedua, siswa kesulitan dalam mengembangkan ide-ide sehingga kalimat yang digunakan tidak efektif. Ketiga, siswa kurang memahami penggunaan EYD saat menulis. Keempat, siswa kurang memahami konsep karangan deskripsi itu sendiri. Kelima, guru kurang menerapkan metode dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk deskripsi menggunakan model cooperative learning tipe Think Talk Write (TTW) siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang tahun ajaran 2015/2016, sebanyak 287 siswa yang tersebar dalam 9 kelas. Teknik sampling. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 31 siswa. Data dalam penelitian ini berupa skor atau nilai tes menulis karangan deskripsi menggunakan model cooperative learning tipe Think Talk Write (TTW) siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, kemampuan menulis karangan deskripsi menggunakan model cooperative learning tipe Think Talk Write (TTW) siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang untuk indikator Rincian Objek tergolong baik (76%-85%) dengan rata-rata hitung 77,40. Kedua, kemampuan menulis karangan deskripsi menggunakan model cooperative learning tipe Think Talk Write (TTW) siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang untuk indikator Emosi dan baik (26%-35%) dengan rata-rata hitung 33,3. Ketiga, kemampuan menulis karangan deskripsi menggunakan model siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang untuk indikator Objek tergolong lebih dari cukup (66%-75%) dengan rata-rata hitung 66,67. Keempat, kemampuan menulis karangan deskripsi menggunakan model cooperative learning tipe Think Talk Write (TTW) siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang (86%-95%) dengan rata-rata hitung 90,32. Kelima, kemampuan menulis karangan deskripsi menggunakan model cooperative learning tipe Think Talk Write (TTW) siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang untuk indikator Huruf Kapital tergolong baik sekali (86%-95%) dengan rata-rata hitung 95,7. Keenam, kemampuan menulis karangan deskripsi menggunakan model cooperative learning tipe Think Talk Write (TTW) siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang untuk indikator Tanda Titik tergolong sempurna (96%-100%) dengan rata-rata hitung 100. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa kemampuan menulis karangan deskripsi menggunakan model cooperative learning tipe think talk write (TTW) siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang untuk gabungan keenam indikator tergolong baik (76-85%) dengan rata-rata hitung (M) 76,64.