Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Questions Students Have (QSH) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP PGRI 1 Padang

Main Author: Novia Ariska, Ariska
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1947/4/11050249%20NOVIA%20ARISKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1947/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1947/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1947/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1947/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah dan siswa kurang berani bertanya kepada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe QSH lebih baik daripada pemahaman konsep siswa menggunakan pembelajaran konvensional kelas VIII SMP PGRI 1 Padang. Jenis penelitian adalah eksperimen. Populasinya seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen dan VIII2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir yang dibuat dalam bentuk essai. Teknik analisis data mengunakan uji t satu pihak. Berdasarkan hasil tes akhir yang diperoleh, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2,78 ttabel = , maka hipotesis penelitian diterima. Sehingga tolak H0 dan terima H1 disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe QSH lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional.