Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lima masalah sebagai berikut ini. Pertama,keterampilan menulis siswa tergolong masih rendah karena siswa belum memahami bagian-bagian surat dalam surat resmi. Kedua, siswa kesulitan menuangkan ide dalam menulis surat resmi. Ketiga, siswa kesulitan dalam menyusun kosa kata untuk surat resmi. Keempat,siswa kesulitan menggunakan EYD/EBI dalam menulis surat resmi, dan kelima guru cenderung menggunakan media ceramah tanpa menggunakan teknik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikankemampuan menulissurat resmi dengan teknik pemodelan siswa kelas VIII SMPN 18Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif yaitu penelitian yang dituntut banyak menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dari hasilnya. Populasi penelitian ini adalah 305 siswa kelas VIII SMPN 18 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 305 orang siswa yang tersebar di sembilan kelas. Sampel penelitian ini yaitu sebanyak 27 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor siswa kelas VIII SMPN 18 Padang menulis surat rsmi dengan teknik pemodelan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh berdasarkan indikator, maka dapat diambil kesimpulan nilai rata-rata siswa pada indikator 1 atau kemampuan siswa dalam menulis surat resmi indikator menentukan bagian-bagian surat dalam surat resmimemperoleh mean (M) sebesar 90,12 berada pada rentangan 86-95% Berada pada kualifikasi Baik sekali(BS). Pada indikator 2atau kemampuan siswa dalam menulis surat resmi indikator penggunaan kalimat efektif dalam menulis surat resmimemperoleh mean (M) sebesar 70,37 berada pada rentangan 66-75% Berada pada kualifikasi lebih dari cukup (BS). Pada indikator 3 atau kemampuan siswa dalam menulis surat resmi indikator pemakaian ejaan Bahasa Indonesia dalam menulis surat resmimemperoleh mean (M) sebesar 38,26 berada pada rentangan 36-45% Berada pada kualifikasi kurang (K). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis surat resmi dengan teknik pemodelan siswa kelas VIII smp negeri 18 padang, secara keselruhan berada pada taraf cukup (C) dengan nilai rata-rata 65.84 berada pada rentangan 65-75%.