Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 10 Padang

Main Author: Wulan, Desrianto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1941/4/11050184%20WULAN%20DESRIANTO.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1941/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1941/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1941/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1941/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep siswa yang masih rendah dan diskusi kelompok yang hanya didominasi oleh satu ada dua orang saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 10 Padang yang terdiri dari delapan kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak terpilih kelas VIII.E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.G sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk uraian dengan reliabilitas tes 11 = 0,89 dan = 0,361. Soal tes dinyatakan reliabel karena 11 > . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai ttabel = 1,67 dan thitung = 1,94, karena thitung > ttabel maka hipotesis yang diajukan diterima pada taraf nyata = 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 10 Padang.