Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah, kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran dan siswa yang tidak mengerti materi tidak mau bertanya dengan guru serta sering melupakan materi yang telah diajarkan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajran matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe College Ball lebih baik daripada hasil pembelajaran matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 24 Padang Tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, dengan kelas VIII.c sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.b sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes akhir. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk uraian dengan reliabilitas tes ( 11) = 0.848 dan = 0.388. Berarti soal tes dinyatakan reliabel karena 11 > . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai ttabel = 1.669 dan thitung = 1.687. Hipotesis diterima karena thitung > ttabel , sehingga hipotesis yang diajukan diterima pada taraf nyata = 0,05. Kesimpulan penelitian adalah hasil pembelajaran matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe College Ball lebih baik daripada hasil belajar matematikas siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 24 Padang.