Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kepala Bernomor (Numbered Head) Disertai Pembelajaran Aktif Tipe Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Rabian, Saparius |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1938/4/11050150%20RABIAN%20SAPARIUS.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1938/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1938/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1938/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1938/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi karena proses pembelajaran kelompok belum optimal dan hasil belajar matematika siswa masih dibawah KKM. Mengatasi hal tersebut digunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik kepala bernomor (Numbered Head) disertai pembelajaran aktif tipe teka-teki silang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan teknik kepala bernomor (Numbered Head) disertai pembelajaran aktif tipe teka-teki silang lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah random terhadap subjek, sampel di ambil setelah dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari enam kelas. Sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII4 dan kelas kontrol adalah kelas VIII5. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir berbentuk essay dengan. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji t. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung = dan ttabel=1,69,dengan α=0,05, karena maka hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tujuan penelitian ini berhasil diterapkan dalam proses pembelajaran matematika kelas VIII SMPN 3 Koto XI Tarusan kabupaten pesisir selatan.