Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 pasaman masih relatif rendah serta keaktifan dan kerjasama siswa pada saat pembelajaran berlangsung masih kurang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan teknik Identitas Korporat lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional dikelas VIII SMPN 1 Pasaman. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Pasaman Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilaksanakan secara acak, terpilih kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII8 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir bertujuan untuk mengetahui hasil belajar. Bentuk tes yang digunakan adalah soal essay dengan reliabilitas 11 = 0,95 dan = 0,444. Berarti soal tes dinyatakan reliabel karena 11 > . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan analisis didapatkan nilai rata-rata tes akhir pada kelas eksperimen adalah 71,70 sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol adalah 64,40. Kedua kelas sampel berdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen. Analisis data dilakukan dengan uji t satu pihak. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh h = 1,93 dan = 1,67. Karena h > berarti H0 ditolak pada taraf nyata α = 0,05 terima 1, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan teknik Identitas Korporat lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMPN 1 Pasaman.