Pengaruh Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Index Card Match (ICM) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI-IPA SMAN 1 Sipora Kabupaten Kepulauan Mentawai
Main Author: | Rina, Elsiska |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1933/4/11050330%20RINA%20ELSISKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1933/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1933/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1933/1/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1933/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa tidak berani bertanya dan mengeluarkan pendapat, siswa kesulitan dalam memahami atau mengingat materi dan pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sipora Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan menerapkan strategi belajar aktif tipe Index Card Match (ICM) lebih baik dari pada pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sipora. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen, rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sipora Kabupaten Kepulauan Mentawai Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari tiga kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas Kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep matematis. Tes yang digunakan berbentuk essai. Analisis data menggunakan uji satu pihak. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen pada taraf kepercayaan α = 0,05. Hasil dari uji hipotesis diperoleh thitung =1,88 dan ttabel =1,68 artinya thitung > ttabel, maka hipotesis pada penelitian ini diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa menerapkan strategi belajar aktif tipe ICM lebih baik daripada pembelajaran konvensional siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sipora Kabupaten Kepulauan Mentawai Tahun Pelajaran 2016/2017.