Pengaruh Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA AL–Istiqomah Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat
Main Author: | Yarti, Yarti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1932/2/12050105%20YARTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1932/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1932/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1932/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1932/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang masih bersifat konvensional, siswa kurang bisa mengkomunikasikan pendapatnya secara langsung didepan kelas, serta hasil belajar matematika siswa masih rendah. Hal tersebut terlihat pada hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA AL-Istiqomah Simpang Empat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas XI IPA SMA AL-Istiqomah Simpang Empat. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA AL-Istiqomah Simpang Empat yang terdiri dari 2 kelas Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilaksanakan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI IPA 1 dan sebagai kelas kontrol adalah kelas XI IPA 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar matematika. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk essay dengan reliabilitas tes adalah Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak . Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen dan hasil dari uji hipotesis diperoleh = dan = 1,6685. Karena berarti H0 ditolak pada taraf nyata α = 0,05 dan terima , Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas XI IPA SMA AL-Istiqomah Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat.