Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 10 Sijunjung

Main Author: Zuldeva, Yanna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1931/4/12050106%20ZULDEVA%20YANNA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1931/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1931/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1931/2/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1931/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa masih rendah dan pembelajaran kelompok belum terlaksana dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 10 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 10 Sijunjung tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir dengan indikator kemampuan pemahaman konsep. Bentuk tes yang digunakan adalah essay dengan reliabilitas . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tsatu pihak. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai dan Hipotesis diterima karena th>ttabel dengan taraf nyata a=005 . Proses pembelajaran kelompok sudah berjalan dengan baik. Dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional dikelas VIII SMPN 10 Sijunjung.