Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pantai Cermin
Main Author: | Maisurianti, Maisurianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1928/4/12050057%20MAISURIANTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1928/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1928/1/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1928/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1928/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran Konvensional di SMP Negeri 1 Pantai Cermin. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pantai Cermin Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel secara acak. Kelas sampel yang terpilih adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes akhir berbentuk esai. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t satu arah. Berdasarkan analisis tes akhir diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Nilai rata-rata tes akhir pemahaman konsep pada kelas eksperimen adalah 65,35 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 54,05. Hasil dari uji hipotesis pada diperoleh thitung = 1,86 dan. Karena thitung > ttabel maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran Konvensional di SMP Negeri 1 Pantai Cermin.