PENGARUH METODE COOPERATIVE LEARNINGTIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DIKELAS X PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SMA N 14 PADANG

Main Author: Diana, Wardani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1923/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1923/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1923/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1923/4/12020118%20DIANA%20WARDANI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1923/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar sejarah yang diperoleh siswa, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan nilai ujian semester I sejarah siswa kelas X SMA N 14 Padang tahun ajaran 2015/2016 yang masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkanpengaruh metode cooperative learning siswa terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas X di SMAN 14 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 14 Padang tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 5 kelas. teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah secara acak, yang terpilih sebagai kelas sampel adalah X1 sebagai kelas Eksperimen dan X2 kelas Kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tes akhir belajar, bentuk tes yang digunakan adalah pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar sejarah kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hasil uji t, didapatkan t hitung = 2,27, sedangkan t tabel = 1,671. Hal ini berarti t hitung >t tabel Hal ini berarti metode cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) memberikan kesempatan kepada siswa agar dapat terlibat secara aktif dalam proses berpikir dalam kegiatan belajar dalam hal ini sebagian besar aktifitas pembelajaran terpusat pada siswa, yakni mempelajari materi pelajaran serta berdiskusi untuk memecahkan masalah pembelajaran. Hasilpenelitiandapatdisimpulkan bahwa metode cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi peradaban Asia kuno.