Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang

Main Author: Rahmatul Ayunda, Putra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1919/4/12050054%20RAHMATUL%20AYUNDA%20PUTRA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1919/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1919/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1919/1/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1919/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di Kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang Tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, dengan kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.8 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes akhir. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk uraian dengan reliabilitas tes ( = dan . Berarti soal tes dinyatakan reliabel karena . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Hasil analisis data diketahui kedua sampel berdistribusi normal dan variansi homogen pada taraf nyata . Hasil dari uji hipotesis diperoleh = 2,37 dan artinya maka hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang.