Pengaruh Metode Presentasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII di SMP N 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Lolly, Anggela Sulvia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1911/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1911/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1911/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1911/4/12020084%20LOLLY%20ANGGELA%20SULVIA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1911/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman siswa dalam materi IPS kurang yang mana dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang masih dibawah KKM ditentukan. Salah satu penyebabnya yaitu kurang bervariasinya dalam menggunakan metode belajar, oleh sebab itu penulis mengharapkan metode presentasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sejauh mana pengaruh metode presentasi terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII di SMP N 2 Bayang. Adapun manfaat dalam penelitian ini adalah agar guru dapat merancang metode pembelajaran yang menjadikan siswa mandiri dengan cara menemuka sendiri inti materi yang akan dipelajari serta bertanggung jawab dan juga dapat menciptakan komunikasi yang baik didalam kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen pada siswa kelas VIII SMP N 2 Bayang. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII SMP N 2 Bayang yang berjumlah 64. pengambilan sampel sebanyak dua kelas yaitu satu untuk kelas eksperimen dan satu lagi kelas kontrol. Dari hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar IPS yang menggunakan metode pembelajaran presentasi pada kelas VIII 1 lebih baik dari pada metode pembelajaran ceramah pada kelas VIII 2 di SMPN 2 Bayang Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini telihat dari nilai rata-rata dari hasil belajar yang menggunakan metode pembelajaran presentasi yaitu 81,25 sedangkan yang menggunakan metode pembelajaran ceramah yaitu 73,44. Dari analisa hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran presentasi pada Materi Pembelajaran IPS berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa.