Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA N 1 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat
Main Author: | Susialisti, Susialisti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/191/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/191/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/191/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/191/4/13010092%20SUSIALISTI%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/191/ |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik di SMA N 1 Gunung Tuleh dikatakan belum berjalan secara optimal. Pendekatan saintifik akan mudah dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran, salah satunya model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar biologi siswa pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan kelas X SMA N 1 Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA N I Gunung Tuleh semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam ranah afektif adalah lembar penilaian diri dan lembar penilaian antarteman, ranah kognitif berupa tes tertulis dan ranah psikomotor yaitu laporan perindividu. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan uji t. Hasil penilaian ranah sikap pada penilaian diri diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen dan kontrol yaitu 89,58 dan 81,94. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh, zhitung = -0,394 dan ztabeS = 0,3483 dengan demikian zhitung<ztabel maka hipotesis ditolak. Dan hasil penilaian antarteman diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen dan kontrol yaitu 86,30 dan 75,61, zhitung = 2,02 dan ztabeS = 0,9783 dengan demikian zhitung>ztabel maka hipotesis diterima. Pada ranah pengetahuan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen dan kontrol 77,85 dan 73,33, thitung = 2,73 dan ttabeS = 1,66 dengan demikian thitung>ttabel maka hipotesis diterima. Pada ranah keterampilan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen dan kontrol yaitu 54,94 dan 51,00, thitung = 2,08 dan ttabeS = 1,67 dengan demikian thitung>ttabel maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa kelas X SMA N 1 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat.