Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asissted Individualization (TAI) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 10 Sijunjung
Main Author: | Yunia Shella, Sanly |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1908/4/12050052%20-%20YUNIA%20SHELLA%20SANLY.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1908/3/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1908/1/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1908/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1908/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah dan sebagian siswa tidak mampu untuk mengerjakan soal latihan yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assissted Individualization (TAI) lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 10 Sijunjung. Jenis penelitian adalah eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 10 Sijunjung Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir pemahaman konsep. Bentuk tes yang digunakan adalah essai dengan reliabilitas tes adalah = 0,84. Berdasarkan hasil tes akhir yang diperoleh, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Statistik uji yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis diperoleh , maka tolak . Sehingga hipotesis diterima dengan taraf nyata. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional kelas VIII SMPN 10 Sijunjung.