Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, siswa belum bisa menghubungkan materi yang telah diketahuinya dengan materi yang akan dipelajari, dan hasil belajar siswa yang masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan Teknik Know Want Learned How (KWLH) lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Pantai Cermin Tahun pelajaran 2016/2017. Sampel diambil secara acak, terambil kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes akhir. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk uraian dengan reliabilitas tes ( 11) = 0,86 dan = 0,34. Berarti soal tes dinyatakan reliabel karena 11 > . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai 0,95 (70) = 1,67 dan thitung = 1,74, karena thitung > 0,95 (70) maka tolak H0 pada taraf nyata = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan Teknik Know Want Learned How (KWLH) lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok.