Pengaruh Penerapan Srategi Pembelajaran Aktif Tipe Questions Students Have terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Risa, Syafriyanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1897/4/12050041%20RISA%20SYAFRIYANTI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1897/3/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1897/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1897/1/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1897/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 2 Painan yang masih rendah. Hal ini disebabkan karena siswa tidak berani bertanya pada guru secara lisan terhadap materi yang pelajaran yang tidak dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Questions Students Have lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 2 Painan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Painan tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir berbentuk esai dengan reliabilitas tes r11= 0,53. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Hasil dari uji hipotesis pada = 0,05 diperoleh thitung = 1,85 dan ttabel = 1,68. Karena thitung > ttabel maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Questions Students Have lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 2 Painan.