Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi bahwa strategi peserta didik dalam belajar belum terarah dengan baik, terdapat peserta didik yang belum mencapai nilainya masih dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi belajar peserta didik dalam belajar IPS kelas VII SMP Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini tergolong metode deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Batang Anai pada semester ganjil tahun 2015/2016 informan penelitian dua guru IPS kelas VII dan peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data pertama menggunakan proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat strategi belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPS kelas VII berdasarkan temuan lapangan bahwa: 1) Strategi membuat rencana belajar ada dua: a) membuat catatan, b) menyalin catatan teman. 2) strategi sikap dalam belajar terletak pada: a) disiplin dalam belajar, b) konsentrasi dalam belajar. 3) Strategi terampil dalam belajar. a) terampil dalam belajar bertanya pada guru, b) bertanya pada teman 4) strategi membuat tugas ada dua: a) membuat tugas dirumah, b) membuat tugas di sekolah. 5) belajar karena keinginan sendiri. a) belajar dengan tujuan b) giat dalam belajar. Dapat disimpulkan bahwa peserta didik yang mempunyai strategi belajar dengan baik maka bisa memperoleh hasil belajar dengan baik dan bisa mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yang telah ditetapkan sekolah. Rendahnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik disebabkan karena startegi belajar peserta didik belum terara karena malasnya peserta didik mengulang kembali pembelajaran di sekolah di rumah, sehingga ini berdampak pada hasil belajar peserta didik yang tidak mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum