Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Formasi Regu Tembak Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 4 Batang Anai

Main Author: Ade, Lina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1889/4/12050026%20ADE%20LINA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1889/3/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1889/1/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1889/2/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1889/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa tidak mau mengeluarkan pendapat, tidak paham dengan tugas yang diberikan sehingga hasil belajar matematika siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif Formasi Regu Tembak lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMPN 4 Batang Anai. Jenis penelitian adalah Penelitian Eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Batang Anai, yang terdiri dari lima kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes akhir dan penilaian berdasarkan rubrik holistik. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk uraian dengan reliabilitas tes adalah . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai ttabel = 1,679 dan thitung=3,55. Karena thitung > ttabel sehingga hipotesis yang diajukan diterima pada taraf nyata α = 0,05. Hal itu disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif Formasi Regu Tembak lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional.