Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Oleh Siswa Kelas XI di SMA N 1 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman
Main Author: | Ricka, Safitri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1868/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1868/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1868/3/Daftar%20Pustka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1868/4/12070166%20RICKA%20SAFITRI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1868/ |
Daftar Isi:
- Keberadaan perpustakaan sekolah sangat penting karena perpustakaan sekolah bertujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi masyarakat di lingkungan sekolah yang bersangkutan, khususnya para guru dan murid. Perpustakaan sekolah juga memiliki pengaruh yang cukup besar bagi peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Namun demikian, masih banyak siswa kelas XI yang belum mengunjungi dan memanfaatkan perpustakaan sekolah di SMAN 1 VII Koto Sungai Sarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui faktor penyebab siswa kelas XI tidak mengunjungi dan memanfaatkan perpustakaan di SMAN 1 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fenomenologi menurut Alfred Schutz, yang menyatakan bahwa tindakan manusia ditentukan oleh makna yang dipahami tentang sesuatu yang disebut dengan motif, dimana seseorang dalam melakukan tindakan mempunyai makna tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan penelitian ini adalah siswa kelas XI, guru yang mengajar di kelas XI, kepala perpustakaan dan pegawai perpustakaan. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan 21 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dalam 3 tahap yaitu 1) observasi , 2) wawancara, 3) studi dukumen. Unit analisis data adalah individu. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang mencakup empat tahap yaitu : 1) Pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) verifikasi/penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor penyebab siswa kelas XI tidak mengunjungi dan memanfaatkan perpustakaaan di SMAN 1 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman yaitu 1) Motivasi, 2) Pelayanan pustakawan, 3) Kondisi fisik perpustakaan.