Hubungan Motivasi Belajar Siswa Dengan Pelaksanaan PPLK Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Sumatera Barat Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Di SMA Negeri 5 Padang

Main Author: Riri, Tirtasari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1859/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1859/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1859/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1859/4/12020007%20RIRI%20TIRTASARI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1859/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan mahasiswa PPLK dalam memberikan motivasi belajar terhadap peserta didik, disebabkan karena kurang efektif memvariasikan media dalam pembelajaran dan metode yang digunakan kurang menarik. Penelitian ini merumuskan Apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar siswa dengan pelaksanaan PPLK mahasiswa Program studi pendidikan sejarah STKIP PGRI Sumatera Barat pada mata pelajaran sejarah kelas X SMAN 5 Padang?Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hubungan antara motivasi belajar siswa dengan pelaksanaan PPLK Mahasiswa program studi pendidikan sejarah STKIP PGRI Sumatera Barat pada mata pelajaran sejarah SMA Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriftif kuantitatif dengan lokasi penelitian di SMA Negeri 5 Padang. Adapun responden dalam penelitian ini meliputi mahasiswa PPLK yang berjumlah 1 orang dan peserta didik. Populasi penelitian berjumlah 280 peserta didik yang terdaftar tahun ajaran 2015-2016, dengan sampel 73 responden yang diambil dengan menggunakan teknik stratified random sampling sampel. Pengumpulan data dengan menggunakan angket tentang motivasi belajar peserta didik dan pelaksanaan PPLK mahasiswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa data mengenai motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 5 Padang memiliki motivasi belajar yang sangat baik dengan memperoleh persentase 97%, dan pelaksanaan yang dilakukan mahasiswa PL dengan persentase 65%. Jika r hitung lebih besar dari pada r tabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan pelaksanaan PPLK mahasiswa prodi pendidikan sejarah STKIP PGRI Sumatera Barat dalam mata pelajaran sejarah kelas X SMA Negeri 5 Padang dengan r hitungsebesar 0,539 pada signifikasi 0,05 dari r tabel sebesar 0,224. Berdasarkan penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa yang dilaksanakan mahasiswa PPLK di SMA Negeri 5 Padang pada semester Genap 2015/2016 menunjukkan sangat baik.