Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Oleh Guru Non Bidang Studi Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Sejarah di SMA Negeri 12 Kerinci
Main Author: | ORIE, YENIKA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1858/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1858/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1858/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1858/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1858/5/12020005%20ORIE%20YENIKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1858/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah tidak adanya guru bidang studi sejarah yang memiliki keahlian dibidangnya. Hal ini berdampak pada proses pelaksanaan pembelajaran sejarah di dalam kelas. Atas dasar masalah tersebut penelitian ini di fokuskan pada proses pelaksanaan pembelajaran sejarah oleh guru non bidang studi dalam proses belajar mengajar di SMA Negeri 12 Kerinci. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran sejarah oleh guru non bidang studi dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang sejarah di SMA Negeri 12 Kerinci. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Untuk menguji keabsahan data penulis menggunakan triangulasi sumber. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik interaktif yang dikemukakan Milles Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah oleh guru non bidang studi di SMA Negeri 12 Kerinci masih belum maksimal. Pada kegiatan membuka pelajaran, appersepsi, kemudian pada kegiatan inti yang meliputi eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi, serta kegiatan penutup yang meliputi kegiatan menyimpulkan materi pelajaran, pemberian tugas dan penilaian, seterusnya penyampaian materi pada pertemuan berikutnya masih banyak kekurangan-kekurangan yang dilakukan oleh guru. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pelaksanaan pembelajaran sejarah oleh guru non bidang studi dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang sejarah di SMA Negeri 12 Kerinci masih belum efektif, hal ini dikarenakan siswa lebih cenderung disuruh menghafal dari pada memahami. Siswa hanya menghafal saja tanpa harus tahu dengan proses terjadinya suatu peristiwa. Hal ini dibuktikan bahwa siswa pada umumnya hafal dengan tahun-tahun, nama-nama, dan tempat-tempat saja dan tidak tahu jalan peristiwa.