Pengaruh Penerapan Strategi Active Learning Tipe Learning Starts With A Question disertai Speed Test Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 2 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman

Main Author: Yozi Edwin, Rahman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1854/4/11050144%20YOZI%20EDWIN%20RAHMAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1854/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1854/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1854/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1854/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah dan siswa tidak mau bertanya pada saat proses pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk melihat hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts With A Question dan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts With A Question disertai speed test lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 2 V Koto Kampung Dalam Kabupateen Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Sampel penelitian adalah kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah speed test dan tes akhir berbentuk esai dengan reliabilitasnya 0,92. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2,57 dan ttabel = 1,679 dengan α = 0,05 karena thitung > ttabel, maka hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts With A Question disertai speed test lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional dikelas VIII SMPN 2 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman.