Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai

Main Author: Warren Prisila, Putra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1853/4/11050077%20WAREN%20PRISILA%20PUTRA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1853/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1853/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1853/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1853/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa masih ada dibawah KKM yang ditetapkan dan kerjasama antar siswa masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII MTsN Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai yang terdiri dari dua kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan total sampling, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII.2 dan sebagai kelas kontrol adalah kelas VIII.1. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dalam bentuk essay dengan reliabilitas tes yaitu 11 = 0,883 dan = 0,404 maka soal dinyatakan reliabel. Hasil uji hipotesis dilakukan dengan uji t satu pihak dengan h = 2,16 dan = 1,678. Berdasarkan hasil analisis data diketahui kedua sampel berdistribusi normal, homogenya dan h maka hipotesis yang diajukan diterima. Jadi dapat disimpilkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII MTsN Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai.