Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP N 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Main Author: Fauzana, Fauzana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1850/4/13080050%20FAUZANA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1850/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1850/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1850/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1850/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut: siswa belum terampil dalam menulis puisi, sulit memahami materi puisi khususnya pada gaya bahasa dan citraan, sulit mengeluarkan ide/gagasan yang akan dikembangkan dalam bentuk tulisan, nilai dalam pembelajaran menulis puisi masih rendah, siswa kurang menyukai pembelajaran menulis puisi dan model pembelajaran yang digunakan kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP N 1 Batang Anai Kabupeten Padang Pariaman dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 yang berjumlah 32 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP N 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together. Data dianalisis dan kemudian dilakukan uji-t untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP N 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Hasil penelitian ini adalah (1) keterampilan menulis puisi sebelum menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together siswa kelas VII SMP N 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman diperoleh nilai rata-rata 70,49 berada pada rentangan 66-75% berkualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). (2)keterampilan menulis puisi setelah menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together siswa kelas VII SMP N 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,30 berada pada rentangan 76-85% berkualifikasi Baik (B). (3) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP N 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman dengan uji thitung > ttabel=6,84 >1,70.