Daftar Isi:
  • SMAN 1 Kec. Sungai Beremas telah menerapkan tata tertib perpustakaan sekolah bagi para siswa dengan tujuan agar siswa tersebut menjadi seseorang yang memiliki karakter, disiplin yang tinggi terhadap tata tertib perpustakaan yang ada di sekolah dan dalam masyarakat sesuai nilai dan norma yang disepakati bersama, namun pada kenyataannya tata tertib itu banyak yang dilanggar oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor penyebab siswa melanggar tata tertib perpustakaan sekolah SMAN 1 Kec. Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Talcott Parsons. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling yang berjumlah sebanyak 10 orang yang terdiri dari 1 orang kepala perpustakaan, 1 orang petugas perpustakaan, dan 8 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam. Metode pengumpulan data dilakukan dengan 3 cara: (1) observasi (nonpartisipant), (2)wawancara mendalam, dan (3) studi dokumen. Unit analisis yang digunakan adalah individu dengan analisis data Miles dan Huberman yang terdiri dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor penyebab siswa melanggar tata tertib perpustakaan Sekolah adalah a. Faktor Internal yang meliputi: 1). Kurangnya minat siswa untuk mengikuti proses belajar mengajar di kelas sehingga siswa merusak buku yang meliputi sebagai berikut: 1) Faktor teman sebaya.