Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Informal Tipe Formulate-Share-Listen-Create (FSLC) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI IPA SMAN 15 Padang

Main Author: Afrika, Lia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/183/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/183/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/183/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/183/4/12050065%20AFRIKA%20LIA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/183/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah, selain itu siswa berkemampuan tinggi kurang mau berbagi dengan siswa lainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif informal tipe FSLC lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas XI IPA SMAN 15 Padang. Jenis penelitan ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 15 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 5 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas XI IPA3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes akhir berbentuk tes essay dengan dan . Karena , maka soal dikatakan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji satu pihak. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh dan . Karena berarti H0 ditolak, maka hipotesis penelitian yang diajukan diterima pada taraf nyata . Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif informal FSLC lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas XI IPA SMAN 15 Padang.