Pengaruh Penggunaan Metode Sugesti Imajinasi terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Al-Istiqamah Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat
Main Author: | Triana, Gustin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1828/4/12080175%20TRIANA%20GUSTIN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1828/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1828/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1828/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1828/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menulis cerpen masih kurang diminati oleh siswa, dan siswa kesulitan mengembangkan unsur yang telah ada. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Al-Istiqamah Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat tanpa menggunakan metode sugesti imajinasi. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Al-Istiqamah Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat dengan menggunakan metode sugesti imajinasi. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Al-Istiqamah Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat tanpa menggunakan dan dengan menggunakan metode sugeti imajinasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen Quasi Experimental Design. Rancangan penelitian ini adalah randomized control-group posttest only design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Al-Istiqamah Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 183 siswa. Sampel pada penelitian ini kelas X1 dan X3 berjumlah 60 orang diambil dengan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Al-Istiqamah Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat tanpa menggunakan metode sugesti imajinasi ialah 61,57 yang berada pada kualifikasi cukup pada rentangan 56-65%. Kedua, keterampilan menulis cepen siswa kelas X SMA Al-Istiqamah Simpang Ampek Kabupaten Pasaman Barat dengan menggunakan metode sugesti imajinasi ialah 73,32 yang berada pada kualifikasi lebih dari cukup pada rentangan 66-75%. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode sugesti imajinasi terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Al-Istiqamah Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat. H1 harga thitung dibandingkan dengan harga ttabel dengan derajat kebedasan (dk) n1+n2-2 dan taraf signifikan 95% untuk uji satu pihak hipotesis diterima apabila thitung (2,96)>ttabel (1,68). Dengan kata lain, H1 diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, metode sugesti imajinasi baik digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen.