Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menuangkan ide, gagasan, pikiran ke dalam bentuk paragraf. Siswa hanya berpedoman dengan contoh yang diberikan guru sehingga tulisan siswa hampir sama dengan contoh tersebut. Guru dalam proses pembelajaran menggunakan ceramah dan tanya jawab. Oleh sebab itu, perlu adanya pembaharuan dalam pembelajaran. Sehubungan dengan permasalahan yang dihadapi dalam menulis paragraf eksposisi, yang dapat membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op terhadap keterampilan menulis paragraf eksposisi siswa kelas X SMA Kartika 1-5 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode ekperimen dengan rancangan The Randomized Posttest Only Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Kartika 1-5 Padang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Sampel penelitian yaitu kelas X10 sebagai kelas eksperimen dan kelas X8 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf eksposisi. Data penelitian ini berupa skor dari hasil tes unjuk kerja menulis paragraf eksposisi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis paragraf eksposisi tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op siswa kelas X SMA Kartika 1-5 Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan perolehan rata-rata 66,38. Kedua, keterampilan menulis paragraf eksposisi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op siswa kelas X SMA Kartika 1-5 Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan perolehan rata-rata 73,61. Ketiga, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op berpengaruh terhadap pembelajaran menulis paragraf eksposisi siswa kelas X SMA Kartika 1-5 Padang. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji-t yang disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dengan dk = n1+n2-2 karena thitung > ttabel (8,71 > 1,67).