Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menuangkan ide, gagasan, pikiran ke dalam bentuk paragraf. Siswa hanya berpedoman dengan contoh yang diberikan guru sehingga tulisan siswa hampir sama dengan contoh tersebut. Guru dalam proses pembelajaran menggunakan ceramah dan tanya jawab. oleh sebab itu, perlu adanya pembaharuan dalam pembelajaran. Sehubungan dengan permasalahan yang dihadapi dalam menulis paragraf eksposisi, yang dapat membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keterampilan menulis paragraf eksposisi siswa kelas X SMA Kartika 1-5 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan metode ekperimen dengan rancangan The Randomized Posttest Only Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Kartika 1-5 Padang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Sampel penelitian yaitu kelas X8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X10 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf eksposisi. Data penelitian ini berupa skor dari hasil tes unjuk kerja menulis paragraf eksposisi tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis paragraf eksposisi siswa kelas X SMA Kartika 1-5 Padang tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan rata-rata hitung sebesar 64,17 secara keseluruhan berada pada kualifikasi cukup. Kedua, keterampilan menulis paragraf eksposisi siswa kelas X SMA Kartika 1-5 Padang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan rata-rata hitung sebesar 68,89 secara keseluruhan berada pada kualifikasi lebih dari cukup. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keterampilan menulis paragraf eksposisi siswa kelas X SMA Kartika 1-5 Padang. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa nilai thitung (5,07) > ttabel (1,67).